Inilah Beberapa Jenis Asuransi di Indonesia



Jenis-jenis asuransi di Indonesia bermacam-macam. Ada berbagai perusahaan asuransi menawarkan berbagai produk yang berbeda. Asuransi sendiri merupakan sebuah perjanjian antara pengasuransi dengan pihak perusahaan asuransi dalam wujud pembayaran premi dalam jangka waktu tertentu yang harus dibayarkan oleh pengasuransi kepada perusahaan asuransi, yang mana apabila tertanggung/pengasuransi mengalami kejadian tidak terduga seperti kecelakaan hingga dirawat di rumah sakit, kematian, kehilangan, maka pengasuransi berhak mendapatkan sejumlah dana dari pihak perusahaan asuransi sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut. Tidak hanya itu, salah satu produk asuransi juga memungkinkan pengasuransi untuk mendapatkan perlindungan atas dana yang harus dikeluarkan untuk biaya pendidikan anak.

Jenis-Jenis Asuransi yang Ada di Indonesia

  1. Asuransi Jiwa
    Asuransi jiwa merupakan salah satu dari sekian banyak jenis-jenis asuransi yang wajar digunakan masyarakat. Asuransi ini berupa semacam perjanjian antara pengasuransi dengan pihak perusahaan asuransi, yang mana kesepakatan yang terjalin berupa premi yang harus dibayarkan oleh pengasuransi kepada perusahaan asuransi.

  2. Asuransi Kesehatan
    Asuransi kesehatan merupakan jenis asuransi yang menawarkan adanya perindungan dan penggantian terhadap biaya yang harus dikeluarkan oleh seseorang yang mengasuransikan dirinya pada pihak asuransi.

  3. Asuransi Pendidikan
    Apabila orangtua membeli asuransi pendidikan untuk anaknya, maka memungkinkan sang anak mendapat perlindungan dana pendidikan dari jenjang Sekolah Dasar hingga bangku perkuliahan. Jenis asuransi ini memungkinkan pihak asuransi mengganti uang pertanggungan bila tertangggung/nasabah/pengasuransi wafat sebelum anak mengikuti jenjang perkuliahan, dengan maksud lain berarti menghendaki seorang nasabah untuk menabung.

  4. Asuransi Unit Link
    Asuransi ini memungkinkan pengasuransi untuk mendapatkan proteksi serta investasi. Jadi, dana yang disimpan nantinya akan digunakan sebagian sebagai proteksi, dan sebagian yang lain untuk investasi.

  5. Asuransi Mobil
    Asuransi mobil memungkinkan pengasuransi mendapatkan perlindungan terhadap mobil yang diasuransikan. Perlindungannyapun berbeda-beda, sesuai dengan produk yang dipilih pengasuransi.

  6. Asuransi Motor
    Hampir sama seperti asuransi mobil, asuransi ini sama-sama memungkinkan pengasuransi untuk mendapatkan perlindungan terhadap sepeda motor yang diasuransikan.
jenis-jenis asuransi


Manfaat Banyaknya Jenis-jenis Asuransi di Indonesia

Mulai dari asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, mobil, motor, unit link, dll semuanya berusaha menawarkan berbagai produk. Pemilihan jenis produk yang tepat adalah kunci memilih asuransi. Semakin banyaknya pilihan mengasuransikan baik jiwa maupun harta, dengan berbagai kemudahan serta keuntungan yang ditawarkan merupakan manfaat banyaknya jenis-jenis asuransi di Indonesia.