Ketahui Pengertian Asuransi Jiwa Mulai Sekarang



Seiring perkembangan zaman, pemahaman masyarakat akan pentingnya asuransi semakin meningkat, terutama kesadaran masyarakat untuk melindungi diri maupun anggota keluarganya dengan asurani jiwa. Hal ini dibarengi dengan meningkatnya jumlah perusahaan asuransi maupun bank yang menyediakan berbagai asuransi.

Meingkatnya kesadaran masyarakat untuk mengikuti asuransi tentunya belum menjangkau semua kalangan. Kebanyakan, hanya orang-orang dengan tingkat ekonomi mapanlah yang berani mengikuti asuransi, padahal golongan ekonomi menengah pun bisa mengikuti asuransi, tentunya dengan memilih produk yang tepat sesuai dengan penghasilan yang diperoleh karena perusahaan asuransi menawarkan banyak produk untuk diikuti oleh masyarakat.

Pengertian Asuransi Jiwa


Kesadaran masyarakat untuk mengikuti asuransi tak lain karena faktor perkembangan cara berpikir masyarakat modern. Mereka yang sudah mengerti arti dan manfaat asuransi pasti tak akan ragu untuk mengasuransikan harta yang dimiliki, diri sendiri, maupun keluarganya. Sedangkan bagi anda yang belum mengerti apa itu arti dan manfaat asuransi jiwa, berikut saya beri sedikit penjelasannya.

Asuransi jiwa merupakan perjanjian timbal balik antara pengasuransi dengan perusahaan asuransi, berupa pembayaran premi yang dilakukan oleh pihak pengasuransi untuk mengikatkan diri selama jalannya pertanggungan dengan pihak asuransi, yang mana apabila tertanggung atau pengasuransi eninggal maka penanggung atau pihak pengasuransi bersedia membayar sejumlah uang sebagai penutup asuransi. Asuransi jiwa bermanfaat untuk mengantisipasi melemahnya keuangan saat meninggalnya seseorang. Asuransi bisa pula menjaga agar keuangan keluarga pasca meninggalnya seseorang tetap stabil.

pengertian asuransi jiwa

Macam-Macam Produk Asuransi Jiwa

Ada beberapa macam produk asuransi jiwa yang dapat anda pilih, diantaranya yaitu asuransi jiwa murni, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi pensiun, serta asuransi unit link. Asuransi jiwa murni menawarkan dua jenis asuransi dengan premi termurah, karena produk ini hanya memberi manfaat kematian dan nilai tunai dengan besarnya tanggungan yang diperoleh bergantung pada besarnya premi yang tertanggung bayarkan dan jangka waktu premi.

Dua jenis asuransi tersebut yaitu asuransi berjangka yang dikenal dengan nama term life insurance dan wholes life insurance. Produk asuransi jiwa yang kedua yaitu asuransi kesehatan yang memungkinkan anda memperoleh perlindungan terhadap biaya yang harus dikeluarkan saat menjalani rawat jalan atau dirawat di Rumah Sakit. Besarnya tanggungan yang dibayarkan sesuai dengan besarnya produk asuransi yang anda pilih.

Selanjutnya yaitu asuransi pendidikan, yang memungkinkan anda berinvestasi uuntuk menjamin dana pendidikan anak anda dari jenjang Sekolah Dasar hingga bangku perkuliahan. Asuransi pensiun merupakan produk asuransi yang keempat, yang memungkinkan anda mendapatkan jaminan dana yang akan diterima pada masa setelah pensiun nanti. Asuransi jiwa jenis unit link merupakan jenis yang banyak diminati masyarakat karena asuransi ini menawarkan proteksi dan investasi.